Jenis – jenis
pekerjaan kantor, antara lain :
1. Menghimpun
Yaitu
kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala informasi yang belum ada atau
informasi yang masih berserakan dimana – mana sehingga siap digunakan saat diperlukan.
Contoh
: mengumpulkan data, mencari informasi, membuat kliping dll.
2. Mencatat
Merupakan
kegiatan tulis – menulis mengenai data – data yang diperlukan sehingga berwujud
tulisan yang mempunyai arti, dapat dikirim dan disimpan.
Contoh
: membuat surat, membuat notula, mencatat kegiatan, dll.
3. Mengolah
Merupakan
berbagai macam kegiatan untuk mengerjakan data dan informasi agar dapat tersaji
dalam bentuk laporan yang lebih berguna.
Contoh
:membuatrekapitulasi data, membuatlaporantertulis, membuatlaporankeuangan.
4. Menggandakan Merupakan kegiatan memperbanyak
informasi dengan berbagai cara dan alat sebanyak jumlah yang diperlukan.
Contoh
:memfotokopisurat, mencetakinformasi, dll
5. Mengirim
Yaitu kegiatan menyampaikan informasi
dengan berbagai cara dan alat dari satu pihak kepada pihak lain.
Contoh : mengirim e-mail, faksimili,
surat
6. Menyimpan
Yaitu
kegiatan meletakkan informasi dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu
yang aman.
Contoh
: menyimpan surat / arsip, menyimpan data/ informasi ke komputer, menyusun buku
di perpustakaan
7. Melakuan Komunikasi
Yaitu kegiatan melakkuan pengiriman
ide / gagasan kepada pihak lain baik langsung ataupun menggunakan media dan mendapat
respon dari penerima pesan.
Contoh : corespondence, telepon, teleconference,
chatting
8. Menghitung
Kegiatan melakukan penetapan data
yang berkaitan dengan angka.
Contoh : menghitung hasil penjualan,
menghitung data keuangan
9. Pekerjaan lainnya
Yaitu pekerjaan – pekerjaan kantor
lain yang mendukung tugas utama perusahaan.
Contoh : pelayanan tamu, kurir, cleaning service
0 komentar:
Post a Comment