Nama : Rezha Alvionita
Kelas : XII-APK
KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA SIH?
Kelas : XII-APK
KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA SIH?
KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA SIH?-Sedang
mencari informasi tentang Jurusan Manajemen di perguruan tinggi? Mau tau selak
beluknya tentang perkuliahan manajemen? Jika ya, kamu beruntung sekali. Pada
kesempatan ini kita akan membahas tuntas mengenai Bagaimana sih Perkuliahan
Manajemen?
Jurusan manajemen banyak diminati dikarenakan
peluang kerjanya yang sangat luas. Setiap perusahaan yang berdiri takkan
terlepas dari kebutuhan akan lulusan manajemen di setiap divisi mereka, baik
itu personalia, produksi, pemasaran, maupun di divisi keuangan. Lebih lengkap
lagi, berikut ini merupakan prospek karier seorang lulusan manajemen:
1.Excecutive Staff Personalia dan SDM, Excecutive Staff Pemasaran, Excecutive Staff Produksi, Excecutive
Staff Keuangan
2.Administrator Keuangan, Administrator
Personalia dan HRD, Administrator Pemasaran, atau Administrator
Produksi
3.
Manajer di berbagai bidang
4.
Analis Pasar
5.
Analis Saham dan Pasar Modal
6.
Analis Mutu Produk
7.
Supervisor
8.
Direktur atau juga Komisaris
9.
Wirausahawan
10.
Staff Penagajar baik Dosen maupun Guru
Ekonomi, dan lain sebagainya.
KONSENTRASI JURUSAN MANAJEMEN
Karier dalam jurusan manajemen banyak dicetak
dari adanya konsentrasi jurusan dalam manajemen itu sendiri. Adapun konsentrasi
didalam jurusan manajemen pada umumnya ialah sebagai berikut:
Manajemen Keuangan
Pada konsentrasi ini, mahasiswa peminatnya
akan banyak mempelajari mengenai analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu
perusahaan. Adapun analisa yang dimaksud ialah lebih banyak pada analisa
laporan keuangan dalam hal menilai kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu,
pada konsentrasi ini peminatnya akan diajarkan pula pada apa saja yang
mempengaruhi tingkat keuangan perusahaan.
Manajemen Pemasaran
Pada konsnetrasi ini, mahasiswa peminatnya
akan lebih banyak memfokuskan pada teknik pemasaran usaha. Adapun teknik
pemasaran ini tak terlepas dari analisa bauran pemasaran seperti Product,
Price, Place, Promotion (4P). Selain itu peminat konsentrasi ini
diajarkan pula dalam hal melihat peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta
apa saja yang dapat mempengaruhi tingakt pemasaran produk tersebut.
Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM)
Pada konsentrasi ini mahasiswa peminatnya
akan banyak terfokus pada pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dala suatu
organisasi. Pengelolaan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja atau
produktivitas kerja karyawan. Pada konsentrasi ini peminatnya akan banyak
mempelajari bagaimana seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada
untuk mencapai tujuan perusahaan dan apa saja faktor yang menyebabkan tenaga
kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya.
Manajemen Operasional
Pada konsentrasi ini mahasiswa pemniatnya
akan banyak memfokuskan pada analisa produk mulai dari saat pengiriman, pembuatan,
hingga proses pengiriman produk. Selain itu konsentrasi ini juga banyak
menganalisa mengenai letak perusahaan dan hubungannya dengan kelancaran proses
distribusi produk hingga sampai pada tangan konsumen. Konsentrasi ini juga
lebih fokus pad kajian mutu dan quality control suatu produk
sehingga lulusan dari konsentrasi ini akan banyak dicari oleh industri.
PROSES FUNGSI MANAJEMEN
Umumnya, ada beberapa proses dan fungsi
yang biasa diimplementasikan dalam kegiatan manajemen
1. Perencanaan
Perencanaan adalah sebuah proses mendifinisikan tujuan dari organisasi, menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan tersebut dan merancang aktivitas kerja organisasi tersebut.
Perencanaan bisa diartikan upaya dalam mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi yang tepat agar bisa merealisasikan tujuan organisasi.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah proses yang meliputi bagaimana strategi yang sudah dirumuskan pada saat tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai, dan lingkungan yang kondusif.
Pengorganisasian bisa memberikan kepastian bahwa pihak pihak yang berada dalam organisasi bisa bekerja bersama sama dengan efektif dan efisien.
3. Pengarahan
Pengarahan adalah tahap dimana program diimplementasikan supaya bisa dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi.
Pengarahan sebuah upaya dalam memotivasi pihak pihak tersebut agar bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan kesadaran penuh dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.
4 Pengendalian
Pengendalian adalah upaya untuk memastikan semua kegiatan yang dijalankan bisa berjalan dengan semestinya, sesuai dengan tahap dan target yang telah ditetapkan walaupun ada beberapa perubahan perubahan minor yang bisa terjadi didalam lingkungan yang dihadapi.
MATA KULIAH JURUSAN MANAJEMEN
Berbicara mengenai konsentrasi jurusan pasti
tak terlepas donk dengan mata kuliah yang diajarkan. Adapun pada umumnya mata
kuliah yang diajarkan di jurusan manajemen ialah sebagai berikut:
MPK (MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN)
ü Pendidikan
Agama
ü Pendidikan
Kewarganegaraan
ü Pendidikan
Pancasila
ü Bahasa
Indonesia
ü Bahasa
Inggris Bisnis
ü Ilmu
Alamiah Dasar
ü Ilmu
Budaya Dasar
MKK (MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN)
ü Ekonomi
Mikro
ü Ekonomi
Makro
ü Pengantar
Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
ü Pengantar
Bisnis
ü Pengantar
Manajemen
ü Matematika
Ekonomi
ü Matematika
Bisnis
ü Statistik
(biasanya dipelajari hingga 2 semester)
ü Pengantar
Aplikasi Komputer
ü Kewirausahaan
ü Ekonomi
Koperasi
ü Komputerisasi
Statistik Bisnis / Laboratorium Statistik
MPB (MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA)
ü Perilaku
Organisasi
ü Metode
Penelitian
ü Manajemen
Investasi
ü Anggaran
Perusahaan
ü Perpajakan
ü Hukum
Bisnis
ü Ekonomi
Manajerial
ü Ekonomi
Internasional
ü Komunikasi
Bisnis
ü Analisis
Kuantitatif
ü Perekonomian
Indonesia
ü Etika
Bisnis
MKB (MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA)
ü Manajemen
Pemasaran (dipelajari hingga beberapa semester)
ü Manajemen
Keuangan (dipelajari hingga beberapa semester)
ü Manajemen
SDM (dipelajari hingga beberapa semester)
ü Manajemen
Operasi dan Produksi (dipelajari hingga beberapa semester)
ü Manajemen
Strategik
ü Akuntansi
Biaya
ü Akuntansi
Manajemen
ü Riset
Operasi
ü Sistem
Informasi Manajemen
ü E-Commerce
ü Studi
Kelayakan Bisnis
ü Analisa
Laporan Keuangan
ü Laboratorium
Manajemen Keuangan dan Akuntansi
MATA KULIAH KONSENTRASI JURUSAN
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
ü Riset
Pemasaran
ü Manajemen
Pemasaran Jasa (sering juga disebut Pemasaran Jasa)
ü Manajemen
Pemasaran Internasional
ü Perilaku
Konsumen
KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
ü Manajemen
Keuangan Internasional
ü Analisis
Sekuritas dan Portofolio
ü Analisis
Kinerja Keuangan
ü Manajemen
Resiko
KONSENTRASI MANAJEMEN SDM
ü Total
Quality Management (TQM)
ü Manajemen
Kinerja dan Kompensasi
ü Manajemen
Pelatihan dan Pengembangan SDM
ü Teknik
Perencanaan Tenaga Kerja
KONSENTRASI MANAJEMEN OPERASIONAL
ü Manajemen
Mutu Produk
ü Manajemen
Rantai Pasokan (Supply Chain Management)
ü Manajemen
Proyek
Sumber Data :
blogmfe.blogspot.co.id/2015/11/Review-Jurusan-Manajemen-Bisnis.html
Sumber Data :
blogmfe.blogspot.co.id/2015/11/Review-Jurusan-Manajemen-Bisnis.html
0 komentar:
Post a Comment