Thursday, September 22, 2016

Format Surat Bisnis Bahasa Inggris

Haii Sobat.....
Didalam Administrasi Perkantoran kita juga diajarkan tentang Surat dalam Bahasa Inggris bukan. Yuk kita lihat templet atau layout surat bisnis bahasa inggris dibawah ini :

Format Surat Bisnis Bahasa Inggris

Ada berbagai macam format surat formal Bahasa Inggris. Diantaranya adalah format block, modifiet block, dan semi block.
 

Format Block

Format block adalah format surat bisnis bahasa inggris yang paling sederhana. Semua bagian ditulis rapat kiri. Menggunakan setting margin normal yaitu semua sisi diberi margin 1 inch kecuali bagian top boleh 0,5 inch.
Format Surat Bisnis Bahasa Inggris Full Block
1. Alamat pengirim
Dibuat di awal supaya mudah bagi penerima surat untuk mengidentifikasi siapa pengirim surat. Beri jarak 1 baris lalu tuliskan tanggal.
2. Tanggal
Format tanggal yaitu Bulan Hari, Tahun (September 26, 2014). Jangan gunakan format 09/26/2014 dan hindari untuk menambahkan st, nd, rd, atau th (21st, 22nd, atau 26th). Beri jarak 1 atau 2 baris tergantung banyaknya isi surat,lalu tuliskan nama penerima surat.
3. Penerima surat
Tulis nama lengkap penerima surat, jabatan atau pekerjaan penerima surat, dan nama perusahaan tempat penerima surat bekerja. kalau kamu tidak tahu nama penerima surat, kamu boleh menuliskan jabatannya saja. Tuliskan juga alamat penerima. Beri jarak 2, 3, atau 4 baris.
4. Salam pembuka
Dear Ms./Mrs./Mr. Nama akhir, – Jika nama diketahui.
Dear Director of Marketing Department, – Jika nama tidak diketahui.
To Whom It may Concern, – Jika nama tidak diketahui.
Jangan lupa beri koma pada bagian akhir dari salam pembuka. Beri jarak 1 baris.
5. Subject (optional)
Terkadang pada surat resmi ada yang namanya subject. Fungsinya yaitu supaya yang menerima surat mudah mengetahui surat ini tentang apa. Subject ini boleh ada atau tidak. Isinya berupa judul surat yaitu surat ini tentang memberi informasi, undangan, atau surat lainnya. Beri jarak 1 baris.
Catatan: Format Subject di bawah salam pembuka merupakan format British English, sedangkan subject di atas salam pembuka merupakan gaya Amerika.
Format Subject British English
Format Subject British English
Format Subject gaya Amerika
Format Subject gaya Amerika
6. Body
Semua hal yang menjadi alasan menulis surat bisa kamu masukkan pada bagian ini. Antar paragrah diberi jarak 1 baris. Beri jarak satu baris sebelum bagian penutup.
7. Penutup
Untuk penutup surat kamu bisa menggunakan kata-kata seperti Sincerely, Sincerely yours, Thank you, dan lain-lain. Perhatikan hanya huruf pertama dari bagian penutup yang kapital.
Tambahkan koma pada akhir penutup. Beri jarak antara penutup dan nama sekitar 2, 3, atau 4 tergantung ukuran tandatangan dan ukuran surat.
8. Tandatangan
Tandatangan ada pada bagian ini. Biasanya menggunakan tinta hitam atau biru.
9. Nama pengirim
Tulis nama pengirim disini dan kalau kamu mau kamu bisa menuliskan jabatan di bawah nama. Beri jarak 2 baris atau lebih untuk lampiran.
10. Lampiran (Enclosure)
Jika surat yang dikirimkan memiliki lampiran maka lampiran tersebut harus disebutkan. Jika hanya ada satu dokumen lampiran kamu bisa menuliskan Enclusure tetapi jika lebih maka kamu harus menuliskan Enclosures (#). Ganti symbol pagar # dengan jumlah dokumen yang ingin dilampirkan.
11. Reference initials
Terkadang pada surat kita menemukan tulisan seperti JB/am. Tulisan tersebut dinamakan reference initials dan memiliki arti bahwa surat tersebut dibuat oleh dua orang.
Orang pertama adalah yang mengkonsep surat ditulis dengan huruf kapital sedangkan orang kedua adalah yang menulis surat tersebut ditulis dengan huruf kecil. Jadi JB/am bisa berarti Juju Bandung/Agnes Monica.
Reference initials bisa ditulis dalam dua format yaitu JB/am atau JB:am.

Format Modified Block

Pada format jenis ini ada beberapa bagian yang pindah kesebelah kanan yaitu alamat pengirim, penutup, tanda tangan, dan nama pengirim. Pastikan semua bagian yang disebelah kanan memulai pada garis yang sama. Untuk tanggal boleh disebelah kiri ataupun kanan.
Format Surat Bisnis Bahasa Inggris Modified Block.jpg

Format Semi Block (Indented)

Format surat semi block hampir sama dengan format modified block. Yang berbeda yaitu ada pada bagian body. Setiap bagian awal paragraph diberi indent atau masuk ke kanan.
Format Semi Block
Nahh sekarang kalian udah tau kan tentang format surat bisnis bahasa inggris....Kalau pengen pintar, mangkanya belajar,,
https://jujubandung.wordpress.com/2009/09/27/format-surat-bisnis-bahasa-inggris/

By : Dewi Septia Wati
       XII Administrasi Perkantoran

0 komentar:

Post a Comment