Tuesday, January 24, 2017

Mendokumentasikan Bukti-bukti Kas Kecil

1.      Bukti Transaksi Intern Ekstern
Bukti Transaksi Intern : Bukti pencatatan perubahan posisi keuangan yangterjadi dalam kegiatan intern perusahaan itu sendiri.Contoh: Memo, bukti pengeluaran kas, dsb.
Bukti transaksi intern yang dibuat oleh pimpinan Memo: perusahaan atau pejabat yang berwenang

2.      Bukti Kas Masuk: Tanda bukti bahwa perusahaan telah menerimasejumlah uang dari suatu transaksi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan lain.

3.      Bukti Transaksi Ekstern Bukti pencatatan transaksi keuangan yang terjadi dengan pihak luar perusahaan.Contoh: Faktur, kuitansi, cek, dsb.

4.      Suatu cara pembayaran yang menginstruksikan suatu lembaga keuangan, misalnya bank untuk membayar sejumlah nilaiCek: tertentu dengan mata uang tertentu dari rekening tertentu milik pemberi instruksi pada lembaga tersebut kepada orang/badan yang namanya tercantum pada cek atau pembawa cek.

5.      Kwitansi Bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaransesuatu. Kuitansi di buat dan ditandatangani oleh pihakyang menerima uang dan di serahkan kepada pihak yangmelakukan pembayaran.

6.      Nota Kontan: Bukti transaksi pembelian atau penjualan yang dilakukan secara tunai.

7.      Cek Perjalanan: Alat pembayaran semacam cek yang diciptakan untuk orang bepergian dan dapat diuangkan pada kantor bank yang mengeluarkan atau pada pihak yang ditunjuk

8.      Karakteristik atau ciri-ciri keabsahan bukti transaksi

9.      Analisis bukti transaksi meliputi kegiatan

10.  4 Alat yang Digunakan dalam Kegiatan Pendokumentasian Kas Kecil

11.  Guide


12.  Ordner


13.  Perforator


14.  Stapler


15.  Pendokumentasian secara kronologis, yaitu mendokumentasikan bukti-bukti transaksi ke dalam ordner secara urutan tanggal.

16.  Cara penyimpanan bukti-bukti transaksipada ordner, yaitu dengan posisi transaksiyang lama di bawah dan transaksi terbarudi atas atau transaksi tanggal 1 di bawahdan transaksi tanggal 30/31 di atas padasetiap bulannya.

17.  Langkah-langkah pendokumentasian kas kecil

18.  Catatlah setiap bukti-bukti transaksi pengeluaran kas kecil ke dalam bukti kas keluar6. Satukan bukti kas keluar dengan bukti transaksi pengeluaran dengan posisi bukti kas keluar di depan dan bukti transaksi pengeluaran di belakangnya. Untuk bukti transaksi yang berukuran kecil seperti tiket tol dapat ditempel dahulu dikertas HVS yang dibagi dua, kemudian di satukan dengan bukti kas keluar menggunakan stepler

19.  Siapkan ordner untuk mendokumentasikan bukti-bukti transaksi, berikut dengan 2 (dua) buah guide, yaitu guide DEBET dan guide KREDIT

1 komentar: