Wednesday, September 21, 2016

Kuliah Jurusan Manajemen

Nama : Rezha Alvionita
Kelas  : XII-APK


KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA SIH?

KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA SIH?-Sedang mencari informasi tentang Jurusan Manajemen di perguruan tinggi? Mau tau selak beluknya tentang perkuliahan manajemen? Jika ya, kamu beruntung sekali. Pada kesempatan ini kita akan membahas tuntas mengenai Bagaimana sih Perkuliahan Manajemen?

Sebelumnya ada beberapa hal yang harus sobat ketahui tentang jurusan manajemen. Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit di berbagai perguruan tinggi. Pada SBMPTN 2015, jumlah peminat jurusan manajemen menempati posisi keempat tertinggi dengan 3.885 peminat. Selain itu pada perguruan tinggi swasta (PTS), jurusan ini selalu menempati posisi nomor satu dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB).

 Jurusan manajemen banyak diminati dikarenakan peluang kerjanya yang sangat luas. Setiap perusahaan yang berdiri takkan terlepas dari kebutuhan akan lulusan manajemen di setiap divisi mereka, baik itu personalia, produksi, pemasaran, maupun di divisi keuangan. Lebih lengkap lagi, berikut ini merupakan prospek karier seorang lulusan manajemen:

1.Excecutive Staff Personalia dan SDM, Excecutive Staff Pemasaran, Excecutive Staff Produksi, Excecutive Staff Keuangan
2.Administrator Keuangan, Administrator Personalia dan HRD, Administrator Pemasaran, atau Administrator Produksi
3.    Manajer di berbagai bidang
4.    Analis Pasar 
5.    Analis Saham dan Pasar Modal
6.    Analis Mutu Produk
7.    Supervisor
8.    Direktur atau juga Komisaris
9.    Wirausahawan
10.                       Staff Penagajar baik Dosen maupun Guru Ekonomi, dan lain sebagainya.


KONSENTRASI JURUSAN MANAJEMEN
Karier dalam jurusan manajemen banyak dicetak dari adanya konsentrasi jurusan dalam manajemen itu sendiri. Adapun konsentrasi didalam jurusan manajemen pada umumnya ialah sebagai berikut:

Manajemen Keuangan
Pada konsentrasi ini, mahasiswa peminatnya akan banyak mempelajari mengenai analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Adapun analisa yang dimaksud ialah lebih banyak pada analisa laporan keuangan dalam hal menilai kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu, pada konsentrasi ini peminatnya akan diajarkan pula pada apa saja yang mempengaruhi tingkat keuangan perusahaan.


Manajemen Pemasaran
Pada konsnetrasi ini, mahasiswa peminatnya akan lebih banyak memfokuskan pada teknik pemasaran usaha. Adapun teknik pemasaran ini tak terlepas dari analisa bauran pemasaran seperti Product, Price, Place, Promotion (4P). Selain itu peminat konsentrasi ini diajarkan pula dalam hal melihat peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta apa saja yang dapat mempengaruhi tingakt pemasaran produk tersebut.

Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM)
Pada konsentrasi ini mahasiswa peminatnya akan banyak terfokus pada pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dala suatu organisasi. Pengelolaan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja atau produktivitas kerja karyawan. Pada konsentrasi ini peminatnya akan banyak mempelajari bagaimana seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan dan apa saja faktor yang menyebabkan tenaga kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya.

Manajemen Operasional
Pada konsentrasi ini mahasiswa pemniatnya akan banyak memfokuskan pada analisa produk mulai dari saat pengiriman, pembuatan, hingga proses pengiriman produk. Selain itu konsentrasi ini juga banyak menganalisa mengenai letak perusahaan dan hubungannya dengan kelancaran proses distribusi produk hingga sampai pada tangan konsumen. Konsentrasi ini juga lebih fokus pad kajian mutu dan quality control suatu produk sehingga lulusan dari konsentrasi ini akan banyak dicari oleh industri.


PROSES FUNGSI MANAJEMEN

Umumnya, ada beberapa proses dan fungsi yang biasa diimplementasikan dalam kegiatan manajemen
1. Perencanaan

Perencanaan adalah sebuah proses mendifinisikan tujuan dari organisasi, menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan tersebut dan merancang aktivitas kerja organisasi tersebut.

Perencanaan bisa diartikan upaya dalam mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi yang tepat agar bisa merealisasikan tujuan organisasi.
2. Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah proses yang meliputi bagaimana strategi yang sudah dirumuskan pada saat tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai, dan lingkungan yang kondusif.

Pengorganisasian bisa memberikan kepastian bahwa pihak pihak yang berada dalam organisasi bisa bekerja bersama sama dengan efektif dan efisien.
3. Pengarahan

Pengarahan adalah tahap dimana program diimplementasikan supaya bisa dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi.

Pengarahan sebuah upaya dalam memotivasi pihak pihak tersebut agar bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan kesadaran penuh dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.
4 Pengendalian

Pengendalian adalah upaya untuk memastikan semua kegiatan yang dijalankan bisa berjalan dengan semestinya, sesuai dengan tahap dan target yang telah ditetapkan walaupun ada beberapa perubahan perubahan minor yang bisa terjadi didalam lingkungan yang dihadapi.
MATA KULIAH JURUSAN MANAJEMEN
Berbicara mengenai konsentrasi jurusan pasti tak terlepas donk dengan mata kuliah yang diajarkan. Adapun pada umumnya mata kuliah yang diajarkan di jurusan manajemen ialah sebagai berikut:

MPK (MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN)
ü Pendidikan Agama
ü Pendidikan Kewarganegaraan
ü Pendidikan Pancasila
ü Bahasa Indonesia
ü Bahasa Inggris Bisnis
ü Ilmu Alamiah Dasar
ü Ilmu Budaya Dasar 

MKK (MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN)
ü Ekonomi Mikro
ü Ekonomi Makro
ü Pengantar Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
ü Pengantar Bisnis
ü Pengantar Manajemen
ü Matematika Ekonomi
ü Matematika Bisnis
ü Statistik (biasanya dipelajari hingga 2 semester)
ü Pengantar Aplikasi Komputer
ü Kewirausahaan
ü Ekonomi Koperasi
ü Komputerisasi Statistik Bisnis / Laboratorium Statistik

MPB (MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA)
ü Perilaku Organisasi
ü Metode Penelitian
ü Manajemen Investasi
ü Anggaran Perusahaan
ü Perpajakan
ü Hukum Bisnis
ü Ekonomi Manajerial
ü Ekonomi Internasional
ü Komunikasi Bisnis
ü Analisis Kuantitatif
ü Perekonomian Indonesia
ü Etika Bisnis

MKB (MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA)
ü Manajemen Pemasaran (dipelajari hingga beberapa semester)
ü Manajemen Keuangan (dipelajari hingga beberapa semester)
ü Manajemen SDM (dipelajari hingga beberapa semester)
ü Manajemen Operasi dan Produksi (dipelajari hingga beberapa semester)
ü Manajemen Strategik
ü Akuntansi Biaya
ü Akuntansi Manajemen
ü Riset Operasi
ü Sistem Informasi Manajemen
ü E-Commerce
ü Studi Kelayakan Bisnis
ü Analisa Laporan Keuangan
ü Laboratorium Manajemen Keuangan dan Akuntansi 


MATA KULIAH KONSENTRASI JURUSAN
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
ü Riset Pemasaran
ü Manajemen Pemasaran Jasa (sering juga disebut Pemasaran Jasa)
ü Manajemen Pemasaran Internasional
ü Perilaku Konsumen

KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
ü Manajemen Keuangan Internasional
ü Analisis Sekuritas dan Portofolio
ü Analisis Kinerja Keuangan
ü Manajemen Resiko

KONSENTRASI MANAJEMEN SDM
ü Total Quality Management (TQM)
ü Manajemen Kinerja dan Kompensasi
ü Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM
ü Teknik Perencanaan Tenaga Kerja

KONSENTRASI MANAJEMEN OPERASIONAL
ü Manajemen Mutu Produk
ü Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)

ü Manajemen Proyek

Sumber Data :
blogmfe.blogspot.co.id/2015/11/Review-Jurusan-Manajemen-Bisnis.html

0 komentar:

Post a Comment